Tuesday, January 13, 2015

Tabel Pemeringkatan E-Government Prov. Sumatera Selatan & Prov. Kalimantan Selatan

Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI) untuk tingkat kabupaten/kota merupakan kegiatan yang dilaksanakan oleh Direktorat e-Government, Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) yang melibatkan seluruh kabupaten/kota di Republik Indonesia. Kegiatan PeGI dilakukan untuk melihat peta kondisi pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di tingkat kabupaten/kota. Namun dalam kesempatan ini pada blog ini saya akan menampilkan PeGI untuk dua provinsi yaitu Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Daerah Kalimantan Selatan dengan nilai menurut penilaian saya sendiri.

Berikut ini adalah tabel PeGI Provinsi Sumatera Selatan beserta kabupaten/kota :


 Tabel PeGI Prov Sumatera Selatan  beserta Kab/Kota

Berdasarkan tabel penilaian PeGI diatas maka ditentukan 2 peringkat tertinggi dimulai dari  portal Pada Kabupaten Banyuasin sebagai berikut rinciannya :

Kabupaten Banyuasin



Penilaian ini dinilai dari segi :
  • User interface yang membuat user nyaman
  • Layanan masyarakat yang lebih lengkap selain LPSE
  • Kelengkapan aplikasi yang paling banyak dibanding portal lainnya
  • Kelengkapan kebijakan dimulai dari kebijakan hukum, kelengkapan sumber data, dan lainnya
Kabupaten Muara Enim



Penilaian ini dinilai dari segi :
  • User interface yang rapih dan simple
  • Layanan masyarakat berupa bank data sistem informasi yang menyimpan kelengkapan jutaan informasi
  • Kelengkapan aplikasi yang paling banyak dibanding portal lainnya
  • Detail kebijakan hukum, kebijakan sosial, dan lainnya
Sedangkan ini adalah tabel PeGI Provinsi Kalimantan Selatan beserta kabupaten/kota :

                                          Tabel PeGI Prov. Kalimantan Selatan beserta Kab/Kota

Berdasarkan tabel penilaian PeGI diatas maka ditentukan 3 peringkat tertinggi dimulai dari portal Kabupaten Barito Kuala sebagai berikut rinciannya :


Kabupaten Barito Kuala




Penilaian ini dinilai dari segi :
  • User interface belum nyaman namun mengandung informasi yang banyak
  • Layanan masyarakat yang lebih lengkap selain LPSE
  • Terdapat web link yang banyak sehingga user lebih mudah mengaksesnya tanpa harus sulit mengakses halama baru lainnya
  • Terdapat forum komunitas online untuk menyampaikan aspirasi masyarakat
Kota Banjarmasin


Penilaian ini dinilai dari segi :
  • User interface yang full colour
  • Layanan masyarakat yang lebih lengkap selain LPSE
  • Terdapat layanan travel guide secara online
  • Kebijakan yang lengkap seperti pajak, retribusi, dan perizinan


Kabupaten Kotabaru



  • User interface yang simple 
  • Layanan masyarakat yang cukup lengkap
  • Kebijakan yang lengkap seperti pajak, retribusi, dan perizinan



Itulah rincian tabel penilaian pemeringkatan E-Government Provinsi Sumatera Selatan dan Provinsi Kalimantan Selatan berdasarkan penilaian saya sendiri Bayu Fajar Ramadhan.










0 comments:

Post a Comment

 

Subscribe to our Newsletter

Contact our Support

Email me: bayujram@gmail.com

Buset Kata Gue®